Thursday, April 10, 2008

Kontroversi Roy Suryo

"Roy Suryo lagi ditantangin di DIALOG TERBUKA dengan para hackers dan bloggers", jelasnya di "Surat Terbuka: Ajakan Dialog Terbuka Dengan Sdr. Roy Suryo" http://riyogarta.com Dialog tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 11 April 2008 jam 11.00 WIB Fasilitas: * Ruangan ber-AC dengan kapasitas 250 orang * LCD Proyektor * Sound System * Snack bagi pembicara dan peserta * Liputan media * Live Streaming yang disediakan oleh Universitas Bina Nusantara Kepada teman-teman blogger, wartawan maupun masyarakat luas mohon kiranya bisa turut membantu saya menyebarluaskan undangan ini."

Pesan yang saya dapat hari ini kembali mengingatkan saya akan kontroversi tentang Roy Suryo (lihat disini untuk profil). Bagi yang awam tentu akan bertanya-tanya, siapakah itu Roy Suryo? Roy Suryo adalah seorang pengurus Partai Demokrat di bidang Komunikasi dan Informatika yang juga rajin membuat komentar dalam bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia di Indonesia melalui media massa. Ia juga telah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di Metro TV selama lima tahun. (dari wiki-red).

Pada awal kemunculannya di media massa, saya justru memiliki pikiran positif. Karena kehadirannya saya harap bisa membantu mengenalkan tehknologi infomasi (terutama prospeknya) ke masyarakat luas. Namun dengan berjalannya waktu, saya melihat bahwa Roy Suryo seringkali melakukan klaim-klaim yang subjektif dan diragukan kebenaranya. Walaupun itu mungkin bukan salah Mr. Roy sepenuhnya, karena media massa seharusnya bisa dewasa dan melakukan cross-check, bukan hanya meng-iya-kan semua perkataan/pendapat dari Roy Suryo.

Akhir kata, dengan adanya kritik ini harusnya Mr. Roy tidak usah menjadi marah karena kritik adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas diri manusia. Dan diharap dikemudian hari, seseorang yang populer seperti Roy Suryo bisa meningkatkan kualitas dari pendapat/opininya, karena perkataan beliau bisa tersebar secara cepat di khalayak publik.

Pranala luar:
Roy Surto di Wikipedia Indonesia
salah satu blog milik Mr. Roy.
Salah satu topik kontroversial tentang Roy Suryo.

Salah satu kritik terhadap Roy Suryo
Share:

0 comments:

Welcome to my blog