Tuesday, December 30, 2008

Google Chrome

Setelah Netscape, Mozzila Firefox, Opera yang telah hadir dan mencoba melawan 'kekuasaan' Microsoft Internet Explorer, sekarang Google mengeluarkan software penjelajah webnya sendiri bernama Google Chrome.



Chrome adalah software bebas (gratis) dan per November 2008 telah mendapat bagian sebesar 0.83% dari keseluruhan pengguna web-browser.

Kesan pertama saat saya mengunduh software ini saya terkejut melihat besarnya file instalasi yang hanya 477 Kb. Tetapi saat saya mencoba menjalankan file instalasi ternyata masih memerlukan download tambahan (mirip saat anda mencoba melakukan instalasi Yahoo Msg).

Setelah proses instalasi selesai, saya segera menjalankan browser ini, dan tampilah Chrome, yang anda bisa lihat sendiri di gambar yang saya selipkan, browser ini memiliki tampilan yang sederhana. Dan beberapa saat setelah menjalankannya, saya merasa kehilangan atas absennya 'Menu Bar' yang biasa saya temui di program-program sejenisnya. Tetapi sudah pasti setiap software memiliki keunikan dan perbedaan, bukan?





Hal kedua yang coba saya lakukan adalah mencoba melihat tingkat pengunaan memory (hal yang biasa dilakukan) antara Chrome dengan Firefox hasil yang saya dapat adalah resources yang mereka pergunakan yah bisa dibilang setara. Walau perlu diakui Chrome lebih cepat berjalan pada waktu awal penggunaanya.



Akhir kata, saya senang melihat Google mengeluarkan satu lagi inovasinya di dunia web. Walau secara pribadi saya merasa akan tetap bertahan pada Firefox, saya merasa Chrome pantas dipergunakan setidaknya dicoba.

Pranala luar:
Entry mengenai Chrome di wikipedia - Disana dijelaskan pula keunggulan maupun komentar-komentar lain tentang Chrome.
Google Chrome Homepage and download site
Share:

0 comments:

Welcome to my blog