Friday, July 02, 2010

6 Kapal Perang Tua TNI AL akan dinon-aktifkan

TNI AL Berencana akan meremajakan armadanya, dan 6 Kapal Perang berjenis LST (Landing Ship Tank) akan segera dinon-aktifkan. Ke 6 kapal perang itu sudah sangat uzur (60-70 tahun) dan memang harus segera diganti.

Yang menarik saya sudah mengetahui fakta ini, sebelumnya bahkan saya ingin sekali melihat kapal-kapal tersebut (karena beberapa dari kapal tersebut pernah ikut berpartisipasi pada operasi-operasi di perang dunia ke 2.)

Kapal-kapal tersebut adalah:
KRI Teluk Langsa 501 - ex-ex-USS Solano County (LST-1128); aktif di PDII terutama di pasifik: Guam - Philiphine - Japan. Menariknya kapal ini pernah beroperasi kembali bersama armada US NAVY thn 2005 saat bencana Tsunami di Aceh.


KRI Teluk Langsa (LST-868), gambar diambil tahunh 1961


KRI Teluk Langsa (LST-501) dan KRI Teluk Banten (LST-516) saat merapat di Sumatra pada 9 January 2005.



KRI Teluk Bayur 502
- ex-USS LST 616, 1 Battle Star di PD II. Awalnya aktif di Eropa tapi kemudian dialihkan ke front pasifik (Japan - China) dan ikut serta pada "Okinawa Gunto operation".


USS LST-572 and USS LST-616 saat merapat di Omaha Beach, Normandy,Perancis.



KRI Teluk Bayur gambar diambil dari http://komandomiliter.blogspot.com


KRI Teluk Kau 504
- ex-USS LST-652; Aktif di pasifik.


KRI Teluk Kau gambar diambil dari http://defense-studies.blogspot.com



KRI Teluk Tomini 508
- ex-USS Bledsoe County (LST-356),3 Battle Star di PD II; ikut serta dalam "Operation Husky" (invasi ke pulau Sisilia) dan juga operasi di pantai Normandia (tidak ikut dalam 'Operation Neptune' tapi ikut serta pada operasi selanjutnya di daerah itu).


LST-356

KRI Teluk Tomini bersandar di Tanjung Priok. Gambar dari mik-news.blogspot.com

 
KRI Teluk Ratai 509
- ex-USS LST-678, 2 battle stars for World War II. Aktif di pasifik (Japan ) dan ikut serta pada "Iwo Jima operation" dan "Okinawa Gunto operation"


LST-678 saat bersandar di Iwo Jima.
 
KRI Teluk Ratai 509 saat bersandar di Surabaya. Gambar dari www.panoramio.com

 
KRI Teluk Saleh 510
- ex-USS Clarke County (LST-601),1 Battle Star di PD II, Six campaign stars and two Meritorious Unit Commendations for Vietnam War service; Ikut serta dalam 'Operation Dragoon' di Selatan Perancis di PDII. Dan selanjutnya di beberapa operasi di perang Vietnam.



LST-601 saat PDII di Italia
KRI Teluk Saleh 510



KRI Teluk Bone 511 - ex-USS Iredell County (LST-839),1 battle stars (World War II)
9 campaign stars, Presidential Unit Citation, Navy Unit Commendation, Navy Meritorious Unit Commendation (Vietnam); Aktif di pasifik (Saipan - Okinawa) pada PD II dan juga pada perang Vietnam.


USS Iredell County (LST-839) saat bertugas di Vietnam.

KRI Teluk Bone 511 gambar dari indomiliter.files.wordpress.com




Mungkin inilah saat bagi kapal-kapal bersejarah itu untuk beristirahat... setelah perjuangan panjang yang mereka berikan. Dan semoga, TNI-AL mendapatkan pengganti yang lebih baik lagi.ya

Sumber:a
Yahoo News
Wikipedia
NavSource Naval History
Share:

0 comments:

Welcome to my blog