Sunday, November 30, 2014

Menampilkan Menu 'Lama' Ala Microsoft Office 2003 di Office 2007/2010/2013 dengan program UBitMenu

Sebagai seorang yang mulai menggunakan Microsoft Office sejak dahulu (saya ingat pertama kali menggunakan Office sejak versi Office 95 bahkan untuk Microsoft Word saya sudah mulai menggunakannya sejak Word versi 6), selama ini saya tidak pernah merasa ada masalah dalam setiap munculnya versi baru dari Microsoft Office. Sampai munculnya Microsoft Office 2007.

Tampilan Microsoft Office 2003 Vs Office 2007

Seperti yang kita ketahui bersama, Microsoft memutuskan untuk mengubah tampilan menu dari Office ke bentuk Ribbon. Dan seperti yang dialami oleh orang lain yang terbiasa dengan tampilan menu, sayapun awalnya merasa agak bingung dan merasa produktifitas saya dengan versi office terbaru ini menurun, karena sering kali harus mencari-cari terlebih dahulu apa yang saya ingin lakukan dengan menggunakan menu baru ini. Permasalahan yang kedua adalah Microsoft juga memutuskan untuk mengubah file format standart office ke bentuk yang baru (misal untuk word dari *.doc ke *docx).

Hal yang pertama yang saya lakukan adalah mencoba menggunakan aplikasi Office portable untuk mendapatkan feel dan preview dari Office 2007. Dan setelah itu menggunakan Microsoft Office Compatibility Pack agar saya tidak harus menggunakan Office baru untuk membuka file Office 2007. Tapi waktu terus berlalu dan saat saya menggunakan unit komputer baru dan memutuskan menggunakan software Office yang up to date, sayapun akhirnya beradaptasi dengan versi Office yang baru.

Namun karena masih menggunakan komputer dengan program versi Office yang berbeda terkadang menu Ribbon saya anggap masih menghambat produktifitas saya, dan untungnya ada trik yang saya anggap bisa membantu, yaitu menggunakan 3rd party software yang memberikan akses terhadap menu lama ala Office 2003. Untuk kali ini saya akan memberikan contoh menggunakan UBitMenu.

Software UBitMenu sendiri bisa diunggah secara gratis di websitenya yaitu http://www.ubit.ch/software/ubitmenu-languages/ tapi penggunaanya terbatas hanya untuk personal dan bukan untuk bisnis.

Setelah didownload, tinggal jalankan saja program instalasinya (saat melakukan instalasi, pastikan tidak ada program Office yang terbuka/ aktif). 

Jendela instalasi dari UBitMenu

Lanjutkan proses instalasi sampai selesai, dan prosesnya saya rasa sangat cepat. Setelah selesai anda bisa membuka program Office anda dan melihat akan ada menu baru, dengan nama Menu yang menampilkan menu ala Office 2003. 

UBitMenu di Word 2010

Dengan adanya UBitMenu saya bisa mendapatkan tampilan menu yang familiar yang ada di versi Office 2003 dan sebelumnya. Saya telah mencoba menggunakan UBitMenu di Office 2010 lancar tanpa ada masalah. Tapi kekurangannya karena ini adalah program 3rd party dan bukanlah fitur bawaan maka fungsi keyboard command lama tidak bisa digunakan dan lagipula Office 2007 dan seterusnya menggunakan keyboard command yang berbeda dan lebih efisien. Tapi setidaknya saya secara pribadi merasa UbitMenu bisa membantu orang untuk beradaptasi dengan fitur Ribbon dari versi Office 2007, 2010 dan 2013. 


Pranala Luar:


Share:

0 comments:

Welcome to my blog