Sunday, December 28, 2014

Video Game - This War of Mine (Part 4) - Locations / Map

Lokasi yang ada di game This War of Mine memang dibuat untuk random / acak pada setiap kali new game (memulai game baru). Tapi lokasi, event dan sumberdaya dari wilayah itu bisa dibilang relatif sama dengan beberapa catatan variasi. Jadi tidak ada salahnya saya mencoba mengulas dengan lebih dalam mengenai lokasi yang ada di game ini. 

Contoh peta lokasi untuk dijelajahi pada game ini

Wilayah pertama yang akan ditemui tentu saja rumah, atau di game ini disebut Our Shelter. Disinilah tempat para tokoh bernaung dan beraktifitas pada siang hari (dari jam 6am sampai jam 8pm). Tujuan dari game ini adalah membuat rumah sebagai tempat tinggal yang aman dan juga membangun peralatan dan perlengkapan untuk menunjang keselamatan para tokoh yang ada disana.

Out Shelter

Pada awal game terdapat barang-barang yang bisa diambil disini. Pada basement lantai satu (kita sebut saja B1) biasa terdapat Workshop atau meja kerja untuk membuat peralatan. Item lain yang mungkin sudah disediakan dari awal adalah kursi (di dapur) dan pemanas (apabila game awal dimulai pada musim dingin). Apabila Cveta ada di team maka mungkin juga akan disediakan bed / ranjang di lantai 2.

Usahakan untuk mengambil semua persediaan yang ada di sini karena ini adalah modal awal untuk membuat peralatan yang dibutuhkan oleh para tokoh / survivor.


Abandoned Cottage
Lokasi ini biasanya adalah lokasi pertama yang disediakan oleh game ini untuk dijelajahi. Tempat ini biasanya aman. Hanya ada seekor tikus. Biasanya tempat ini memiliki material yang berguna. Disarankan membawa tools seperti crowbar atau shovel agar dapat mengambil semua sumber daya yang ada disini. Ada 2 variasi peta ini. Salah satu variasinya adalah terdapat broken-gun  atau pistol dalam keadaan rusak. Tapi tempatnya tersembunyi dan baru bisa diakses apabila player membaca catatan yang ditinggalkan oleh pemilik rumah.
Penjelasan singkat dalam game mengenai Abandoned Cottage


Brothel
Brothel (lokalisasi) adalah tempat yang memiliki 4 orang 'musuh', dimana kita bisa berdagang disana atau apabila kita bisa membunuh 4 orang 'musuh' tersebut kita bisa membebaskan 2 orang NPC yang ditawan disana.



Penjelasan singkat dalam game mengenai Brothel


Central Square
Pusat kota/alun-alun adalah tempat berdagang yang strategis. Apabila anda beruntung mendapatkan lokasi ini maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Dalam satu permainan, saya bisa bertahan hidup dari pertengahan sampai akhir game hanya dengan bergantung pada akses ke tempat ini.  Karena terdapat 4 pedagang yaitu:
  • Medicine Merchant: Menjual obat-obatan.Kadang juga menjual alkohol dan moonshine. Tips: juallah alkohol atau rokok kepadanya.
  • Luxury Merchant: Menjual rokok, daun tembakau dan alkohol. Tips: Jualah obat-obatan dan senjata kepadanya.
  • Material Merchant: Menjual parts dan material juga terkadang menjual parts dari senjata api. Tips: juallah obat-obatan kepada dia.
  • Food Merchant: Menjual air dan makanan. Tips: Jualah obat-obatan dan senjata kepadanya.

 
 Apabila Katia ada di grup anda maka anda bisa berdagang dengan lebih efektif dan efisien.

Central Square memiliki 1 posisi / tempat dengan Sniper junction. Jadi apabila anda mendapatkan Central Square di peta anda, anda tidak bisa mengakses Sniper juntion atau sebaliknya.

City Hospital
Rumah Sakit adalah tempat yang cukup penting di permainan ini. Disana terdapat tenaga medis yang bisa membantu anda apabila anda terluka atau sakit. Disana juga ada dokter dimana kita bisa berdagang dengannya, walaupun karena sang dokter menyebutnya sebagai donasi/sumbangan maka ini bukanlah tempat terbaik untuk melakukannya. 


Penjelasan singkat dalam game mengenai City Hospital


Untuk minta pengobatan status yang ditangani mereka bukanlah status ringan. Tokoh yang anda pergunakan setidaknya harus dalam kondisi SICK atau WOUNDED

Apabila saat pertama kali kesana dan anda melakukan donasi (atau trade yang masih dikomentari positif oleh sang dokter), maka tokoh-tokoh yang anda mainkan akan mendapatkan mood boost.


Ada kemungkinan setelah bebearapa saat anda berkunjung lagi ke Rumah Sakit, tempat itu tersebut mengalami serangan artileri, akan ada barang-barang yang bisa anda dapatkan lagi, walaupun sang penjaga meminta anda untuk mengembalikan suplai kepada pihak rumah sakit, anda bisa menyimpannya sendiri tanpa adanya penalti apapun.


Construction Site
Seperti namanya, tempat ini adalah proyek pembangunan gedung yang terhenti karena perang. Di tempat ini terdapat banyak stok material, makanan dan terkadang obat-obatan yang sangat berguna.


Penjelasan singkat dalam game mengenai Construction Site

Di Lokasi ini terdapat 2 variasi skenario yang bisa terjadi:
  • Sniper: akan ada 1 sniper dan 1 spotter yang menjaga daerah ini. Untuk mengatasi mereka dibutuhkan timing yang tepat.
  • Ambush (penyergapan): Kejadiannya adalah seorang militant/rebel akan disergap oleh 2 orang militer. Sejujurnya saya belum pernah berhasil mengatasi hal ini, saya biasanya kabur saja saat hal ini terjadi lol. 1 orang Militer tersebut membawa assault rifle dan satu lagi membawa pistol.
Apapun skenario yang anda dapatkan, anda bisa melewati saja hal itu dan kembali pada hari berikutnya dan biasanya mereka sudah pergi dari tempat itu.


Decrepit Squat
Salah sati tempat yang aman dan tidak ada musuh didalamnya. Akan ada 'hungry man' disana dan anda bisa membawakan orang itu makanan dan dia akan memberikan imbalan pure alcohol dan jewelry. Apabila anda tidak memberikan dia makanan maka apabila anda kembali ketempat itu anda akan mendapati orang itu meninggal dan ada orang lain yang sedang berkeliaran disana berkomentar tentang hal itu.


Contoh Lokasi Decrepit Squat di Map

Garage
Tempat ini dulunya adalah bengkel mobil, disana terdapat 2 orang, orang tua dan anaknya. Anaknya memiliki pistol dan akan menyerang apabila anda mencoba mengambil barang pribadi mereka. Garage adalah tempat yang baik untuk berdagang karena dia mau menukar banyak untuk obat-obatan. Sebagai contoh saya biasa menukar obat-obatan dengan gergaji atau kampak (karena membuat gergaji atau kampak sendiri membutuhkan upgrade yang cukup mahal).


Posisi Garage di Map


Hotel
Tempat ini dulunya adalah hotel dan saat game ini berlangsung hotel ini diduduki oleh para bandit bersenjata. Ada beberapa variasi dari peta ini, ada dimana tempat ini bisa menjadi tempat berdagang dan ada variasi lain dimana bandit-bandit adalah orang yang akan langsung menembak apabila melihat tokoh player. Oleh karena itu tempat ini adalah tempat yang cukup berbahaya dan harus berhati-hati untuk menjelajahinya.


Penjelasan singkat dalam game mengenai Hotel

Military Outpost
Pos militer ini berisi prajurit bersenjata, kita bisa berdagang dengan salah satu diantara mereka. Karena prajurit yang ada disana ada cukup banyak maka agak sulit untuk membunuh / menghabisi mereka semua. Triknya adalah menghabisi prajurit yang ada di atas dan menarik sisanya untuk naik ke atas satu persatu. Boris atau Roman adalah tokoh yang tepat untuk melakukan misi ini.


Penjelasan singkat mengenai Military Outpost
Military Outpost gambar dari www.fronttowardsgamer.com

Quiet House
Adalah sebuah rumah yang didiami oleh pasangan tua. Ke dua orang tersebut bukanlah ancaman dan pasif. Mereka tidak akan melawan apabila kita mencuri/merampok mereka. Apabila itu terjadi maka saat kita kembali ke tempat itu mereka akan diketemukan meninggal dunia. Akibat dari itu adalah semacam 'bad karma' tokoh-tokoh akan mengalami mood negatif (terutama Cveta) sehingga tidak dianjurkan untuk mengunjugi tempat ini kecuali apabila sangat terpaksa.


Penjelasan tentang Quiet House

Tempat ini memiliki beberapa sumber daya. Orang tua yang laki-laki memiliki obat di inventorinya sedangkan yang perempuan membawa perhiasan.


Ruined Villa
Sebuah rumah yang memiliki 2 variasi:
  • Berisi 2 orang, wanita dan pria. Pria itu bersenjata, sedangkan sang wanita tidak, tetapi akan memanggil sang pria apabila melihat penyusup yang datang ke rumah mereka.
  • Berisi 4 orang 'deserter' (prajurit yang kabur dari tugas). Mereka reaktif dan akan menyerang langsung apabila melihat penyusup. Setidaknya satu diantara mereka bersenjatakan 'Assault Rifle'.
Penjelasan mengenai Runied Villa

Tempat ini memiliki cukup banyak sumber daya yang berguna, tetapi membutuhkan kehati-hatian dan strategi yang berbeda sesuai dengan variasi yang anda temukan. Misalnya untuk variasi pertama, bisa saja kita masuk kesana dan mengambil sumber daya tanpa harus bertarung/membunuh orang-orang yang ada disana. Sedangkan untuk variasi kerdua keadaan akan jauh lebih sulit.


Ruined Block Of Flats
Variasi tempat awal yang bisa diakses di game baru. Mirip dengan Abandoned Cottage. Tempat ini aman untuk dijelajahi dan memiliki cukup banyak sumber daya. Dibutuhkan sawblade untuk membuka 2 ruangan yang terkunci.


Sebuah Map dengan Ruined Block of Flats

Semi-Detached House
Rumah ini ditinggali oleh setidaknya 2 orang. Variasi tempatnya adalah pada satu variasi kita mendapatkan orang yang mau berdagang, tapi terkadang di variasi lainnya terdapat npc wanita bernama Bozena yang agresif dan berbahaya. Apabila melihat tokoh yang kita mainkan maka ia akan langsung menyerang. Dia dipersenjatai oleh shotgun. Untuk membersihkan wilayah ini dibutuhkan 3 lockpick (atau crowbar) dan 3 saw blade.

Untuk menghindari konflik anda harus selalu menghindari Bozena.


Semi-Detached House

Shelled Cottage
Salah satu variasi tempat aman pada game baru untuk dijelajahi seperti Abandoned Cottage. Memiliki sumber daya yang memadai untuk hari-hari awal. 


Penjelasan tentang Shelled Cottage

Dilokasi ini biasanya terdapat 1 pintu yang terkunci, sehingga player harus membawa lockpick atau crowbar untuk mengaksesnya.


Shelled School
Sebelum perang tempat ini adalah sekolah. Jangan sampai anda lupa kalau terdapat 2 variasi yang terdapat didalamnya:
  • Sekolah didiami oleh Homeless Squatters dimana tempat ini menjadi cukup aman untuk dijelajahi. Pada variasi ini anda akan membutuhkan 2 sawblade (satu saja cukup apabila anda tidak berniat untuk mencuri makanan dari garden di bawah) dan 1 lockpick (atau crowbar). 
  • Sekolah didiami oleh pihak pemberontak. Anda bisa berdagang disana. Tetapi hati-hati melangkah karena para pemberontak bisa menjadi agresif apabila anda memasuki wilayah terlarang. Karena banyaknya jumlah pemberontak dan sedikit tempat bersembunyi maka akan sangat sulit untuk bisa menghabisi mereka semua.

School


Small Apartment Building
Bangunan ini didiami oleh 3 orang, seorang anak bersenjatakan pistol atau shotgun dan kedua orang tuanya. Dengan sedikit kesabaran anda bisa menjelajahi tempat ini dengan diam-diam tanpa kekerasan. Dianjurkan untuk mengambil sumber daya tanpa mencuri (karena tidak semua tokoh yang playable dalam game suka/setuju dengan tindak pencurian). Intinya perhatikan pergerakan dari para NPC disana, dan anda bisa mendapatkan sumberdaya tanpa adanya penalti/akibat negatif apapun.


Small Apartment Building
Untuk bisa mengkases semua sumber daya dibutuhkan 2 sawblade dan 2 lockpick (atau bisa juga crowbar).


Sniper Junction
Salah satu tempat berbahaya karena terdapat sniper yang akan menembak anda dari jauh. Tetapi dengan timing yang tepat kita bisa menjelajahi wilayah ini dan mengambil semua sumber daya yang ada.

Pavle dengan kecepatan larinya adalah tokoh yang tepat untuk lokasi ini. Dibutuhkan 2 sawblade untuk bisa mengkases semua sumberdaya yang ada. Dan juga dianjurkan untuk menyelamatkan orang yang terjebak di tengah-tengah lokasi dengan cara membuka pintu yang ada di gorong-gorong (anda harus masuk ke rumah dahulu untuk bisa membuka pintu tersebut, karena pintu hanya bisa dibuka dari kiri). Menyelamatkanya akan memberikan mood baik kepada tokoh-tokoh yang anda mainkan.


Sniper Junction, Disini saya sudah mengambil banyak sumberdaya yang ada
Sniper junction memiliki 1 posisi / tempat dengan Central Square. Jadi apabila anda mendapatkan Sniper juntion di peta anda, anda tidak bisa mengakses Central Square atau sebaliknya.


St. Mary's Church
Tempat ini memiliki 2 variasi:
  • Variasi Pastur, diamana didiami oleh pastur dan beberapa orang lain. Ini adalah variasi damai, dimana anda bisa mengambil dan mengeksplorasi tanpa gangguan, selama anda menjauihi basment kiri (tempat beberapa orang tinggal dan bersembunyi) dan basement kanan (apabila anda masuk kesana sang pastur dan orang bersenjata yang ada di gedung sebelah kanan akan menjadi agresif kepada anda.
  • Variasi Bandit, terdapat beberapa orang bersenjata yang berbahaya dan akan loangsung menembak apabila melihat anda.
Penjelasan versi Bandit


Supermarket
Supermarket adalah tempat yang luas dan memiliki banyak sumberdaya, bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat 2 variasi event disini:
  • 3 orang bersenjata menjelajahi tempat ini, salah satunya biasa membawa assault rifle. Mereka tidak akan mengganggu anda selama anda tidak agresif kepada mereka.
  • Seorang prajurit akan memperkosa seorang gadis. Dengan timing yang tepat anda bisa melakukan backstab terhadap prajurit itu. Prajurit itu akan membawa assault rifle dan amunisi. Menyelamatkan gadis itu sangat dianjurkan karena akan meningkatkan mood dari parah tokoh, sebaliknya gagal melakukannya akan membuat para tokoh permainan menjadi sedih. Apapun yang anda lakukan, pada saat anda kembali ke supermaket anda akan menemukan seorang wanita menceritakan apa yang terjadi dengan gadis tersebut.


Screenshot dari Supermarket ( gambar dari http://this-war-of-mine.en.softonic.com/ )
Di basement sebelah kanan biasanya ada 1 pintu yang terkunci, untuk itu anda akan membutuhkan lockpick atau crowbar untuk bisa mengaksesnya.


Warehouse
Tempat ini sebelum perang adalah gudang dari sebuah toko besar sehingga tentu saja berisi banyak sumberdaya. Di termpat ini terdapat 3 orang bandit bersenjata yang berbahaya (karena mereka juga dilengkapi oleh baju pelindung). Sulit untuk bisa menghabisi mereka tanpa membuat player terluka. Tapi apabila anda bisa mengatasinya anda akan mendapatkan harta yang cukup berlimpah.


Penjelasan mengenai Warehouse


Demikianlah artikel saya mengenai tempat-tempat yang ada di game This War of Mine. Semoga bisa membantu para pemain game yang membutuhkan gambaran mengenai tempat-tempat tersebut.



Share:

0 comments:

Welcome to my blog