Sunday, January 11, 2015

Mengatasi Bootloop / Stuck di Logo untuk LG L1 II E410

Baru saja saya mendapatkan kasus handphone Android tipe LG L1 II E410 yang stuck di Logo LG saat dinyalakan. akhirnya saya browsing ke sana-sini untuk mencoba mengatasi permasalahan itu. Cara yang saya coba adalah:
  • Reset ke settingan awal via software, gagal cara ini tidak mengatasi permasalahan saya. Cara saya dapatkan dari www.resettoo.com
  • Flash firmware. Cara saya dapatkan dari www.kaskus.co.idforum.xda-developers.combimahardi31.blogspot.com dan berhasil. Saya mendapatkan fungsi handphone saya kembali dengan cara ini. Dan seperti yang saya lihat di XDA-Developer, cara ini bisa dipergunakan untuh flash produk handphone LG yang lainnya, dengan menyesuaikan tipe hp anda dengan tipe firmware untuk diaplikasikan.
  
LG L1 II E410 (gambar dari GSMArena)
 
Cara reset ulang (Hard Reset) sesuai petunjuk:
  • Download dulu aplikasi yang dibutuhkan dari dl.boxcloud.com
  • Extract file yang diunduh
  • Salinlah 2 file "AdbWinApi.dll" & "adb" ke folder "C:\Windows\System32" yang ada di komputer anda.
  • Nyalakan hape anda ke Recovery Mode (tahan tombol volume atas + tombol power), lalu sambungkan hape anda dengan / via kabel USB.
  • Jalankan file program " Hard Reset E415f " atau buka CMD (command prompt) dan ketik " adb reboot recovery " .
  • Pilih Reset Mobile dan apabila sukses handphone akan menyala dengan kondisi awal.
Tapi sayangnya cara reset itu tidak berhasil sehingga saya putuskan untuk melakukan flash firmware ulang dengan cara yang saya dapatkan di  www.kaskus.co.idforum.xda-developers.com & bimahardi31.blogspot.com
Petunjuk flashnya saya akan ambil dari bimahardi31.blogspot.com tetapi karena file yang tertulis di blog itu sudah expired saya akan ganti dengan sumber download dari saya sendiri dan juga cara akan saya edit sesuai dengan pengalaman yang sudah saya buktikan sendiri juga, yaitu:


Bahan-bahan:
  1. LG USB Mobile Driver & B2CAppSetup.exe Download:www.4shared.com
  2. KDZ Updater Download di forum.xda-developers.com
  3. Firmware/ROM yang akan dipakai: www.4shared.com (warning: ukuran file ini cukup besar)
 
 Langkah-langkah:
(Saya beranggapan bahan-bahan semua sudah didownload dan diinstall.)

  1. Pastikan USB Driver Telah ter-Install dan Terdeteksi di PC, (untuk test anda bisa lihat di LGMobile Support Tool apakah handphone anda sudah ada / terdektesi disana atau belum). Lalu disable LGE Virtual Modem *penting* caranya: ke Control Panel - Device Manager - Modems (klik kanan modem lalu Disable.
  2. Install BC2APP.exe
  3. Ekstrak file kdz updater yg didownload tadi dan jalankan file msxml.msi (apabila anda belum pernah install msxml, apabila sudah ada anda bisa lewati langkah ini).
  4. Matikan handphone, setelah mati tekan Tombol Volume Down (tahan) sambil sambungkan handphone amda menggunakan kabel Usb ke PC dan akan masuk ke download mode (dikasus saya tidak ada tampilan baru dan hanya tetap stuck di logo LG).
  5. Jalankan KDZ_Updater.exe
  6. Select Type = 3GQCT dan Phone Mode = Emergency
  7. Di KDZ Updater, KDZ Filenya, pilih data firmware yg berformat .kdz, (contoh: V10D_00.kdz) yang udah di download sebelumnya.
  8. Klik tombol Launch Software Update di KDZ_Updaternya
  9. Tunggu dan beberapa menit., saat proses tampilan di handphone saya berganti ke mode download. Kalau sudah selesai, nanti handphone agan akan reboot otomatis.
  10. Apabila sukses maka handphone akan menyala seperti saat anda membeli handphone baru.
Semoga carita pengalaman yang saya bagi ini bisa membantu anda yang membutuhkannya.


Share:

2 comments:

Unknown said...

Gan,kox punyaku saat update salalu eror extrak file knpa? Ada solusiny gak

Ali Wardhana said...

@ Christian Arif: kemungkinan file yg anda download corrupt. Coba download ulang.
@ Duti nine: thanks berat, maaf sudah lama tidak update, yg sering diupdate malah IG saya gan :D

Welcome to my blog