Monday, March 14, 2016

Bitcoin (PART 1 - Apa itu bitcoin)

Sebelum kita lebih jauh membahas perihal cara mendapatkan Bitcoin / Satoshi secara gratis, ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu latar belakangnya.


Logo dari Bitcoin


Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak (open source) yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan P2P (peer-ke-peer) tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti untuk memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat digunakan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dgunakan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan dan pemindahan kekayaan tanpa identitas (anonymous) . Bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan tidak adanya administrasi tunggal menjadi alasan mengapa otoritas atau pemerintahan manapun tidak dapat memanipulasi nilai dari bitcoin atau menyebabkan inflasi yang tidak terhitung dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Jenis Unit Bitcoin dan apa itu satoshi?
Satoshi adalah unit perhitungan dari bitcoin. Nama unit tersebut berasal dari nama penemu Bitcoin itu sendiri yaitu Satoshi Nakamoto. Unit dari bitcoin terbagi atas beberapa unit yaitu: 
  • bitcoin itu sendiri, dengan simbol BTC atau XBT
  • millibitcoin (mBTC) dimana  1 millibitcoin = 0.001 bitcoin/ seperseribu bitcoin. 
  • microbitcoin (µBTC) dimana  1 microbitcoin = 0.000001 bitcoin / sepersatu juta bitcoin. 
  • Satoshi adalah unit terkecil dari bitcoin dimana 1 satoshi =  0.00000001 bitcoin. 

Tentu anda bertanya-tanya mengapa ada terdapat unit bitcoin yang berjumlah kecil. Hal itu karena 1 Unit BTC itu sendiri memiliki nilai tukar yang lumayan besar apabila dibandingkan dengan mata uang lain pada umumnya. Misal pada tanggal 10 Maret 2016 nilai tukarnya 1 BTC adalah 412 USD. Karena itulah diciptakan bahasa mili dan micro juga satoshi sebagai unit dari bitcoin.

Data Nilai Tukar Bicoin dari www.xe.com

Indeks Chart dari nilai tukar Bitcoin dengan USD (www.coindesk.com )


Akhir kata, bitcoin adalah sarana pembayaran dan investasi elektronik yang bisa dijadikan cara alternatif dari cara-cara lain yang umum dikenal seperti menggunakan transfer bank atau kartu kredit. Namun ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu bitcoin sebelum menggunakannya agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Penjelasan bitcoin akan saya lanjutkan ke part 2 mengenai bagaimana cara untuk bisa bertransaksi dengan bitcoin.

Pranala luar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Bitcoin


Share:

1 comments:

Blogger said...

YoBit lets you to claim FREE COINS from over 100 distinct crypto-currencies, you complete a captcha once and claim as many as coins you need from the available offers.

After you make about 20-30 claims, you complete the captcha and continue claiming.

You can press CLAIM as many times as 50 times per one captcha.

The coins will stored in your account, and you can convert them to Bitcoins or USD.

Welcome to my blog