Saturday, March 19, 2016

Bitcoin (PART 3 - Mendapatkan & Menggunakan Bitcoin)

Setelah sebelumnya kita membahas apa itu bitcoin dan apa itu wallet maka sekarang kita lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu bagaimana mendapatkan dan menggunakan bitcoin.




I. Mendapatkan Bitcoin

Kini anda sudah yakin, siap dan sudah memiliki wallet bitcoin. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan bitcoin?

Ada beberapa cara mendapatkan bitcoin yaitu:

  1. Membeli dari jasa exchenger. Tentu saja, membeli bitcoin adalah langkah paling mudah dan cepat untuk mendapatkan bitcoin. Yang perlu diperhatikan adalah untuk memilih tempat yang terpercaya untuk itu. Jangan begitu saja mempercayai exchenger online tanpa mengecheck latar belakang dan reputasi dari exchenger itu. Untuk tempat exchenger yang terpercaya akan saya buat artikel yang lebih spesifik nantinya.
  2. Mining Bitcoin,  tentu saja kita bertanya-tanya darimanakah semua bitcoin itu berasal. Bitcoin berasal dari program mining, bisa diibaratkan kasarnya untuk mendapatkan bitcoin anda harus menambang bitcoin itu sendiri. Untuk meanmbang bitcoin anda bisa menggunakan hardware yang spesifik seperti AIRE Miner, Desk Gen2 atau ANTMINER U3 BATCH 2  atau anda bisa menggunakan GPU / VGA card anda dengan software mining tertentu seperti MinePeonBFGMinerCGMiner  . Tetapi saya ingatkan bahwa kesulitan menambang bitcoin telah meningkat beberapa tahun belakangan ini. Untuk bisa mendapatkan bitcoin anda harus berinvestasi dalam jumlah yang tidak kecil. Oleh karena itu apabila anda tidak punya modal besar anda bisa bergabung dengan group mining (mining guild / pool) seperti Antpool , GHash atau BCmonster. Pelajari dulu latar belakang dari hardware mining, software mining atau group mining sebelum anda memutuskan untuk terlibat didalamnya.
  3. Bitcoin Gratis. Untuk mempopulerkan penggunaan bitcoin, beberapa pihak ada yang membagikan bitcoin secara gratis. Walaupun biasanya jumlahnya sangat kecil tetapi gerakan ini mulai populer dan mulai banyak dilakukan. Salah satu gerakan yang populer adalah Faucet. Saya akan membuat artikel yang lebih detil tetang apa itu faucet di waktu yang akan datang.

II. Menggunakan Bitcoin

Bitcoin bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal seperti untuk mengirim uang ke kawan yang ada di luar kota / negeri dan juga bisa untuk pembayaran online beberapa jasa / produk. Tetapi sekali lagi harus dingat bahwa bitcoin memiliki nilai tukar yang fluktuatif, jangan sampai anda mengalami kerugiaan karena perbedaan harga jual dan harga beli.

Merchant online yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran:

  1. Microsoft, link : microsoft.com ; Microsoft kini menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran konten digital mereka.
  2. Dell, link : www.dell.com ; Dell menerima Bitcoin untuk pembelian barang dan kontendi toko online mereka. Dikabarkan mereka juga memberikan diskon khusus untuk pembelian beberapa produk mereka apabila sang pengguna menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran.
  3. Overstock, toko online ini juga menyediakan layanan pembayaran dengan Bitcoin dengan bekerjasama dengan perusahaan Coinbase. Link: www.overstock.com/bitcoin ; www.overstock.com, Pengiriman ; disana juga terpampang Indonesia termasuk negara yang dilayani oleh toko online ini.

Untuk list yang berisi daftar toko online lainnya bisa anda lihat di pranala luar dibawah ini:

www.coindesk.com




Share:

2 comments:

Blogger said...

€€€€€€€ BTC FAUCET ROTATOR £££££££
* COLLECT 10k Satoshis in just 5 MINUTES.
* MAXIMIZE your Satoshi from Claim ratio.
* HIGH PAYING FAUCETS, starting with 5,000 satoshi per claim.
¥¥¥¥¥¥¥ ******** VISIT THE FAUCET ROTATOR NOW ******** €€€€€€€

Blogger said...

$$$$$$$ BITCOIN FAUCET ROTATOR €€€€€€€
* COLLECT 10000 Satoshi in just 5 MINUTES.
* MAXIMIZE your Satoshi from Claim ratio.
* HIGH PAYING FAUCETS, start with 5,000 satoshi per claim.
¥¥¥¥¥¥¥ http://www.iacbit.org/faucet-rotator/ $$$$$$$

Welcome to my blog