Tuesday, March 15, 2016

Bitcoin (PART 2 - Bitcoin Wallet & Apa yang harus saya perhatikan / ketahui sebelum menggunakan Bitcoin?)

Pada postingan saya yang sebelumnya yaitu: bitcoin part-1 (apa-itu-bitcoin) saya sudah membahas secara singkat mengenai apa itu bitcoin. Yang belum sempat membaca bisa terlebih dahulu membacanya atau apabila anda mau langsung intinya adalah: Bitcoin adalah sebuah uang elektronik menggunakan jaringan P2P (peer-ke-peer) tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi.


Nah setelah anda mengetahu apa itu bitcoin sebagian dari kalian pasti ada yang tertarik untuk menggunakanya itu akan membawa kita ke topik selanjutnya bagaimana caranya apabila kita mau medapatkan bitcoin, tetapi sebelum itu ada hal yang lebih penting dan harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan lebih lanjut untuk menggunakan bitcoin. Hal tersebut adalah:
  1. Amankan Bitcoin anda. Anda harus siap mempelajari langkah-langkah untuk membuat Bitcoin anda aman. Bebrapa tips untuk keamanan bitcoin anda adalah: gunakan bitcoin dalam jumlah yang relatif aman (jangan terlalu besar), gunakan password yang kuat untuk Bitcoin wallet anda, hati-hati dalam berbelanja menggunakan bitcoin.
  2. Nilai tukar Bitcoin sangatlah fluktuatif. Karena Bitcoin belum mencapai titik keseimbangan dan jumlahnya masih bisa bertambah, maka nilai tukar Bitcoin sangat sulit diprediksi. Nilai tukar Bitcoin terhadap dollar Amerika pernah mencapai angka US$1124.76 pada 29 November 2013 peningkatan yang signifikan dari angka US$ 13 pada bulan Januari 2013, tetapi angka tersebut tidak bertahan dan nilai tukarnya menurun ke angka US$ 200-300. Pada saat tulisan ini dibuat nilai bitcoin terhadap Dollar Amerika berada pada angka US$ 412. Melihat hal tersebut anda harus memperhatikan posisi nilai tukarnya saat anda mau membeli Bitcoin, dan Bitcoin saya katakan belum cukup aman untuk dijadikan komoditi investasi jangka panjang.
  3. Pembayaran Bitcoin adalah permanen dan tidak bisa dikembalikan. Tidak seperti jasa pembayaran lain seperti contohnya paypal, proses pembayaran pada sebuah transaksi menggunakan Bitcoin bersifat satu arah, pembayaran yang sudah dilakukan tidak bisa di klaim balik. Hal itu membutuhkan perhatian lebih serius dari pembeli apabila mau menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran.
  4. Bitcoin belumlah final, dimana tentu saja masa depan dari Bitcoin sendiri masih belum dipastikan. Biaya dan nilai tukarnya sangat mungkin berubah-ubah.
  5. Bitcoin bukanlah alat tukar / mata uang yg dikeluarkan oleh pemerintah tertentu. Tetapi karena adanya perdagangan, kita bisa secara umum menganggap Bitcoin sebagai sebuah komoditi. Perdagangan juga membuat kita harus memperhatikan sisi hukum dan pajak dari keuntungan yang kita dapat dari transaksi Bitcoin yang kita lakukan.



Bitcoin Wallet


Nah apabila anda sudah mengetahu hal tersebut diatas, dan masih tertarik dengan Bitcoin marilah kita melangkah ke part yang selanjutnya yaitu  infrastruktur / alat yang menjadi media penyimpanan bitcoin yang hendak anda miliki. Alat tersebut disebut sebagai Bitcoin Wallet.

Bitcoin wallet seperti bisa dicerna dari namanya adalah tempat penyimpanan / dompet dari Bitcoin anda. Registrasi dari Bitcoin tidak serumit jasa pembayaran lain seperti Skrill atau Paypal, biasa yang dibutuhkan adalah alamat email saja.

Bitcoin wallet terdiri dari berbagai macam jenis tergantung dengan device yang anda gunakan seperti Apple iphone, Android, desktop Windows atau yang umum yaitu webase.

Wallet yang pernah saya gunakan adalah Bitcoin Core (Windows), Coinbase (web base) dan Blockchain (web base). Setelah anda mendaftar dan memiliki Bitcoin Wallet pribadi anda maka anda siap untuk melangkah lebih lanjut kedalam dunia Bitcoin. Pembahasan hal tersebut akan saya lanjutkan ke Part 3 mengenai bagaimanakah mendapatkan saldo Bitcoin.

Pranala luar untuk ketiga wallet yang saya sebutkan diatas:
Link download program Bitcoin Core
Link wallet Coinbase
Link wallet Blockchain

Gambar dari bitcoin.org

Apabila anda masih mencari alternatif lain dari Bitcoin Wallet anda bisa mengunjungi halaman web dibawah ini yang berisi daftar berbagai macam wallet lain yang bisa anda pilih:
List dari Wallet (bitcoin.org), saya lihat list ini sangatlah legkap.
www.hongkiat.com, 10 Wallet terbaik dan ulasannya versi hongkiat.com
Share:

0 comments:

Welcome to my blog