Sunday, December 14, 2014

Video Game - This War of Mine (Part 3) - The Characters




Sesuai dengan janji saya yang sebelumnya, kali ini saya akan memberikan sedikit 'insight' atau penegenalan lebih lanjut terhadap tokoh-tokoh yang ada di dalam game This War of Mine. Tokoh yang bisa dimainkan oleh player disebut sebagai The Survivors.

The Survivors terdiri dari:
  1. Anton
  2. Arica
  3. Boris
  4. Bruno
  5. Cveta
  6. Emilia
  7. Katia
  8. Marin
  9. Marko
  10. Pavle
  11. Roman
  12. Zlata
Penjelasan lebih lanjut mengenai tokoh-tokoh yang disdebut diatas: 

1. ANTON



Anton adalah orang yang lanjut usia, sebelum perang saudara dia adalah seorang  pengajar professional. 
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Abstinent, tidak memiliki ketergantungan tertentu. Misalnya alkoholic atau perokok. Hal ini membuat Anton memiliki sisi psikologis yang terjaga atau bahkan bisa dibilang datar.
  • Good Mathematician, keunggulan yang saya temukan apabila bertugas dengan Trap for Small Animals adalah lebih cepat mendapatkan hasil tangkapan.
  • Karena memiliki kekuatan psikologis maka tidak ada emosi negatif yang tercipta apabila harus melakukan kegiatan 'jahat' seperti pencurian atau pembunuhan.
Jumlah kantung inventory: 8

Pendapat pribadi: 
Anton bukanlah tokoh favorit saya. jumlah kantung yang kecil dan umur yang tidak muda memberi tantangan tersendiri. Bahkan di pengalaman saya, Anton mudah/sering terluka apabila ditugaskan berjaga malam. Apabila mendapatkan tokoh ini biasa saya aktifkan dia di siang hari saja.



2. Arica



Arica adalah seorang gadis yang besar dijalanan.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Sneaks Quietly, bisa menyusup dengan diam-diam. Bisa dibilang dia adalah Solid Snake di game ini.
  • Smoker, dia membutuhkan rokok untuk menjaga mood-nya.
Jumlah kantung inventory: 10

Pendapat pribadi: 
Arica adalah tokoh yang tepat untuk melakukan scouting atau menjelajah daerah/area baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dengan Sneaking skillnya ia juga bisa menjadi pembunuh yang handal karena bisa melakukan 1 hit kill dari belakang musuh dengan menggunakan pisau.


3. Boris


Boris adalah pria yang sebelum perang bekerja di gudang.


Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Boris memiliki emosi yang stabil dan tidak mudah depresi
  • Smoker, dia membutuhkan rokok untuk menjaga mood-nya.
  • Boris adalah orang yang kuat tetapi lambat. Kuat sehingga dia bisa membawa barang lebih banyak daripada yang lain, tapi juga membuatnya tokoh yang lambat dalam bergerak.
  • Boris juga adalah orang yang sehat dan bugar sehingga dia tidak mudah jatuh sakit.
  • Boris memiliki kemampuan tempur yang tinggi tetapi dia tidak suka untuk membunuh orang lain.
  • Boris hanya muncul pada start game di musim dingin.
Jumlah kantung inventory: 17 (Paling besar diantara semua karakter yang ada)

Pendapat pribadi: 
Boris memiliki keunggulan yang amat menarik, yaitu jumlah kantung inventory yang paling besar. Hal ini membuatnya cocok menjadi 'pembersih jarahan'. Dengannya sebuah daerah bisa bersih dimana barang yang ada bisa diambil hanyak dalam waktu dua atau tiga hari saja.


4.  Bruno




Bruno adalah pria yang sebelum perang bekerja di restoran, itu menjelaskan asal dari kemampuan memasaknya yang baik.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Bruno memiliki emosi yang stabil dan tidak mudah depresi
  • Smoker, dia membutuhkan rokok untuk menjaga mood-nya.
  • Bruno adalah Good Cook dimana dia bisa menghemat sumber daya untuk membuat makanan dan obat-obatan.
  • Bruno hanya muncul pada start game di musim panas.
Jumlah kantung inventory: 10


Pendapat pribadi: 
Dengan kemampuan Good Cook saya merasa Bruno adalah aset yang cukup berharga karena bisa menghemat sumber daya untuk membuat makanan dan obat-obatan. Selama menggunakan tokoh ini saya juga melihat Bruno adalah orang yang cenderung apatis, dia tidak suka membantu orang lain diluar kelompok survivor yang ada.

 
5.  Cveta




Cveta adalah wanita paruh baya yang sebelum perang bekerja sebagai guru sekolah dasar.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Cveta tidak memiliki ketergantungan tertentu. Misalnya alkoholic atau perokok.
  • Kemampuan utama Cveta adalah Loves Children. Kemampuan ini agak tidak jelas, tapi saat memainkannya kemungkinan mendapat bantuan dari orang lain (tetangga sekitar) meningkat pesat. Hampir setiap hari ada orang datang membawa bahan kebutuhan secara gratis.

Jumlah kantung inventory:8
Pendapat pribadi: 
Cveta bukanlah tokoh favorit saya. Jumlah kantong yang terlalu sedikit dan kemampuan yang tidak jelas membuat saya sulit memposisikan dia dalam team di permainan saya. Seringkali dia muncul di awal permainan bersama Anton, apabila itu terjadi maka permainan akan dimulai dengan tambahan 1 buah sofa dan 2 buah tempat tidur, tetapi tetap saja permainan itu terasa sangat sulit karena mereka berdua memiliki kantung yang kecil dan juga kemampuan fisik yang terbatas.


6. Emilia


Emilia adalah wanita yang sebelum perang bekerja sebagai pengacara.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Emilia adalah peminum kopi. Dia membutuhkan kopi (bahan yang dibutuhkan adalah  biji kopi dan air) untuk menjaga mood-nya.
  • Kemampuan utama Emilia adalah Talented Lawyer kemampuan ini agak tidak jelas tetapi yang bisa saya katakan adalah Emilia orang yang logis dan praktis, sehingga melakukan pembunuhan dan pencurian terhadap orang lain tidak membuat dia sedih atau resah karena bisa dikatakan dia mementingkan keselamatan dirinya.
Jumlah kantung inventory:10
Pendapat pribadi:
Saya pernah memainkan Emilia beberapa kali, dan dia tokoh yang saya bilang standar. Cukup oke untuk dijadikan subtitusi untuk Scavenger apabila tidak ada tokoh lain yang bisa diandalkan  atau apabila tokoh yang efisien seperti Marko / Pavle /Arica tidak ada atau tidak siap untuk itu.

 
7. Katia



Katia adalah wanita yang sebelum perang bekerja sebagai reporter berita.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Katia adalah peminum kopi. Dia membutuhkan kopi (bahan yang dibutuhkan adalah  biji kopi dan air) untuk menjaga mood-nya.
  • Kemampuan utama Katia adalah Bargaining Skills,diamana ia adalah orang yang tepat untuk berdagang karena dia bisa mendapatkan harga yang lebih bagus daripada tokoh lain terutama apabila pemain mau berdagang dengan Franko.
  • Katia bisa bermain gitar.
Jumlah kantung inventory:12

Pendapat pribadi:  
Katia adalah tokoh yang sering saya temui. Pada awal permainan biasa dia muncul bersama Pavle atau Marko. Dengan skill berdagangnya dan jumlah kantung inventory yang cukup banyak saya merasa dia adalah aset yang penting.



8. Marin



Marin adalah pria yang trampil, sebelum perang dia adalah seorang tukang / mekanik yang memiliki usahanya sendiri.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Marin adalah orang yang tidak mudah depresi.
  • Marin adalah peminum kopi.
  • Kemampuan utama Marin adalah Handyman dimana dia bisa menghemat bahan untuk membangun alta, peralatan dan perlengkapan rumah.
  • Marin biasa muncul pada start game di musim dingin.
Jumlah kantung inventory:10

Pendapat pribadi:  
Saya hanya pernah mendapatkan Marin sekali dalam permainan, tapi dengan pengalaman yang sedikit itu saya merasa dia adalah tokoh yang sangat berharga. Sangat penting untuk memanfaatkan kemampuanya untuk membangun sesuatu. Untuk mengoptimalkan kemampuanya (misalnya untuk membangun beberapa peralatan dalam waktu yang sama), kita bisa menjadikanya semacam Perencana Proyek, gunakan dia di workshop tetapi biarkan tokoh yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal ini membuat kita bisa membangun beberapa peralatan dalam waktu yang sama tanpa kehilangan bonus dari Marin, yaitu penghematan sumber daya.


9. Marko



Marko adalah pria yang cekatan, sebelum perang dia bekerja sebagai Pemadam Kebakaran.


Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Marko bisa depresi apabila membunuh orang lain
  • Marko tidak memiliki ketergantungan tertentu.
  • Kemampuan utama Marko adalah Good Scavenger dimana ia memiliki jumlah kantong inventory yang besar (15, haya Boris yang mengalahkan stat ini dengan 17 kantung inventory) dan lebih cepat saat mengambil/mencari bahan di area.
  • Marko biasa muncul pada start game di musim panas, tetapi tidak menutup kemungkinan saat game musim dingin dia muncul untuk bergabung di hari kesekian.
Jumlah kantung inventory:15

Pendapat pribadi:  
Marko adalah salah satu tokoh favorit saya, Dia sangat efisien dalam scavenging. Saya pertama kali menamatkan permainan ini dengan dia sebagai tokoh sentralnya. Kehadiran dia dalam team membuat game menjadi lebih mudah. Tapi saya pernah menemukan start game diamana hanya dia satu-satunya tokoh yang saya punya, dan hal itu sangat menantang.


10. Pavle



Pavle adalah laki-laki cekatan yang sebelum perang berprofesi sebagai pemain sepakbola.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Pavle tidak memiliki ketergantungan tertentu.
  • Kemampuan utamanya adalah Fast Runner diaman ia bisa bergerak dengan cepat diatas tokoh yang lain. Bahkan disaat terluka kecepatannya masih diatas karakter yang lain.
  • Pavle bisa bermain gitar.
Jumlah kantung inventory:12

Pendapat pribadi:  
Pavle adalah tokoh yang sering saya temui. Pada awal permainan biasa dia muncul bersama Katia atau Marko. Dengan sjumlah kantung inventory yang cukup banyak dan kecepatannya dia adalah tokoh yang berguna dalam permainan.


11. Roman




Roman sebelumnya adalah seorang prajurit. Setelah suatu kejadian ia memutuskan untuk meningalkan unitnya dan bergabung menjadi survivor.
Karakteristik yang dimilikinya: 
  • Roman tidak mudah depresi.
  • Roman seorang smoker / perokok.
  • Kemampuan utamanya dalah bertempur (Trained in Combat) dan ia adalah tokoh yang memiliki kemampuan tempur yang paling tinggi diantara yang lain.
Jumlah kantung inventory:10
 
Pendapat pribadi:  
Roman dengan kemampuan tempurnya yang bagus adalah tokoh yang sangat berguna. Biasanya saya mengirimnya untuk menjelajah daerah yang berbahaya atau untuk menjaga rumah pada malam hari. 


12. Zlata



Zlata adalah seorang gadis yang memiliki profesi sebagai pemusik sebelumnya.
Karakteristik yang dimilikinya:
  • Dia tidak memiliki ketergantungan tertentu.
  • Kemampuan utama Zlata adalah Bolsters Spirits, diamana ia bisa menaikan semagat tokoh lain yang sedang dilanda depresi.
  • Sebagai pemain musik tentu saja dia handal memainkan gitar.
Jumlah kantung inventory:12

Pendapat pribadi:  
Saya tidak memiliki pendapat pro atau kontra terhadap Zlata karena sampai sekarang Zlata adalah satu-satunya tokoh yang belum pernah saya temukan di permainan ini. 

Gambar di artikel ini didapatkan dari screenshot game dan dari web this-war-of-mine.wikia.com

Kelompok

Sesuai dengan pengalaman saya dan orang lain tokoh yang didapatkan di awal permainan sepertinya tidak benar-benar random / acak. Karena saya temukan tokoh yang berada dalam starting group yang sama dalam beberapa kali game. Dari this-war-of-mine.wikia.com saya mendapatkan teori grup tersebut. Kondisi yang sudah saya pernah alami sendiri akan saya tandai dengan tanda centang ( ).

Starting Grup yang bisa muncul di musim apapun:
  • Zlata, Pavle, Anton, Cveta (satu diantara mereka dalam kondisi sakit ringan)
  • Katia, Roman (satu diantara mereka akan bedara dalam kondisi terluka)
  • Anton, Cveta
Starting Grup yang bisa muncul di musim panas (summer):
  • Pavle, Bruno, Marko (salah satu bisa dalam kondisi sedikit sakit dan terluka)
  • Pavle, Bruno, Katia
  • Arica, Roman, Bruno
  • Zlata, Roman, Bruno 
  • Arica, Marin, Katia (Satu diantara mereka dalam kondisi sakit)
  • Emilia, Zlata
  • Emilia, Roman
  • Marko
  • Roman, Katia (Satu diantara mereka dalam kondisi terluka)
Starting Grup yang bisa muncul di musim dingin (winter):
  • Marin, Boris, Emilia (satu diantara mereka dalam kondisi sakit ringan)
  • Arica, Marin, Katia (satu diantara mereka dalam kondisi sakit. Bisa juga mulai di musim gugur)
  • Anton, Cveta

Penggolongan Tipe dari Karakter yang ada
Dalam permainan ini karakter / tokoh yang ada bisa digolongkan kedalam tipe tertentu.
Tipe Scavenging (pemulung / pencari sumber daya)
Yang termasuk dalam tipe ini adalah:
  • Pavle - Kecepatanya ideal untuk membuka area (scouting) termasuk daerah berbahaya seperti sniper junction, karena dia memiliki kemungkinan terbaik untuk menghindari tembakan sniper.
  • Arica - Kemampuan menyelinap secara diam-diam ideal untuk menyisir area berbahaya.
  • Boris - Jumlah kantung inventori yang besar adalah hal yang berguna dalam pencarian sumber daya.
  • Marco - Jumlah kantong yang besar dan kecepatan yang baik dalam pencarian sumber daya membuatnya pantas dijuluki Good Scavenger.

Tipe Pengembangan Rumah
Yang termasuk dalam tipe ini adalah:
  • Marin - Dapat menghemat bahan baku untuk pengembangan rumah.
  • Bruno - Dapat menghemat bahan baku untuk memasak.
  • Zlata - Memperbaiki kondisi psikologis tokoh lain

Tipe Diplomasi / Interaksi dengan NPC
Yang termasuk dalam tipe ini adalah:
  • Katia - Kemampuan berdagang untuk mendapatkan harga yang lebih baik.
  • Roman - Dalam hal ini berinteraksi dengan para perampok di kala malam hari. Roman sangat tangguh dalam menjaga rumah di waktu malam.
  • Cveta -  Seperti yang saya jelaskan diatas, dengan kehadirannya team akan mendapatkan lebih banyak sumber daya gratis dari tetangga.
Demikianlah penjelasan saya tentang karakter / tokoh-tokoh yang ada di Video Game - This War of Mine semoga bisa memberikan penjelasan dan gambaran lebih lanjut tentang game ini. Kemungkinan saya akan melanjutkan dengan artikel yang berisi lokasi-lokasi yang ada dalam game ini apabila masih ada waktu dan kesempatan. Terima Kasih.

Pranala luar:
Artikel dari this-war-of-mine.wikia.com tentang Playable Characters
Share:

0 comments:

Welcome to my blog