Friday, December 05, 2014

Video Game - This War of Mine


Box Art dari game This War of Mine (gambar dari gameguide.com)

Video game This War of Mine adalah video game dengan genre Action-Adventure.  Video game ini dirilis pada tanggal 14 November dan dibuat oleh developer 11 bit studios, developer game dari Polandia. Secara tampilan game ini adalah game 2D yang berjenis side scrolling

Yang membuatnya unik game ini menampilkan kelamnya perang dari sudut pandang warga sipil. Dimana mereka yang terjebak didalamnya harus bertahan hidup dengan menghadapi kondisi yang serba kekurangan. Game ini didasarkan pada kejadian nyata perang, khususnya terinsipari oleh pengalaman warga sipil sewaktu pertempuran di Sarajevo (berlangsung dari tahun 1992-1996 dan merupakan bagian dari Perang Bosnia).

Tampilan screenshot dalam game (gambar dari eurogamer.net )
Gameplay, sebagai game dark survival, tentu saja misi utama dari game ini adalah bertahan hidup. Dan berbeda dari game lain, tokoh utama dari game ini adalah warga sipil dimana mereka bukanlah prajurit yang tugasnya membunuh, tapi disini hanya sekedar orang-orang biasa yang terjebak dalam kondisi perang. Warga sipil ini tidak siap menghadapi kondisi seperti itu, dan yang harus diatasi adalah kondisi kekurangan bahan makanan (bahaya kelaparan) dan juga masalah psikologis lainnya.

Secara kasar game ini terbagi dalam 2 fase, fase pagi dan fase malam. Karena kota tempat tinggal para tokoh adalah kawasan perang, setiap pagi-sore aktivitas dilakukan didalam ruangan (lihat gambar diatas) karena terlalu berbahaya untuk mereka untuk melakukan aktifitas di luar ruangan. Sementara itu pada waktu malam hari kebalikannya, aktifitas luar ruangan untuk berpergian dan mencari bahan kebutuhan bisa dilakukan, walaupun penuh dengan rintangan dan tantangan. Adapun setiap game baru dimulai, kondisi awal akan berbeda dimana engine game akan melakukan generate tokoh, waktu dan kondisi yang sedikit berbeda, sehingga akan menambah nilai dari re-play game ini. Dan juga setiap karakter yang ada memiliki kemampuan dan skill yang berbeda.

Contoh map daerah untuk aktifitas malam di game ini
Yang agak unik dari developernya, sewaktu game ini mulai dibajak (muncul disebuah website torrent), developernya malah berkomentar yang tidak negatif dan malah memberikan key codes steam gratis 10 buah dan agar para gamers mau membantu membeli atau menyebarkan game ini kepada teman-teman mereka. Hal ini membuat komunitas mengapresiasi developer dari game tersebut dan menjadi perbincangan di dunia gamers.

Komentar yang diposting oleh pihak developer game di sebuah situs torrent


Menurut saya ide game ini sangat menarik dan memberikan nuansa yang berbeda. Kesulitannya saya rasa juga cukup baik dan menantang, dan membuat game ini cukup layak untuk dimainkan. Saya mendukung sifat positif dari developer game ini, sehingga apabila teman-teman bisa membeli game ini saya rasa hal itu pantas dilakukan.

Artikel Lanjutan saya mengenai game ini:
Gameplay
The Characters

Pranala luar:
Official Website dari game ini.



Share:

0 comments:

Welcome to my blog