Friday, October 14, 2016

Mengatasi Google Chrome yang Lemot



Logo dari Google Chrome



Sekilas tentang Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang semakin populer saat ini. Bahkan secara statistik penggunaanya adalah nomer 1 untuk web browser. Sejak tahun 2012 Chrome sudah melampaui pengguna Internet Explorer dan juga sejak tahun 2011 terhadap Mozilla Firefox. Keperkasaan Chrome terus terjaga karena pasar telepon seluler juga dikuasai oleh produk Google yaitu Android.

Google chrome tersedia untuk berbagai macam platform yaitu komputer berbasis Windows, Apple Macs, Linux sampai dengan platform seluler seperti Android dan juga Apple iOS.

Sejak April 2016 Chrome terbaru tidak lagi mendukung Windows XP dan Vista. Versi terakhir yang tersedia untuk Windows XP dan Vista adalah versi 49.0.2623.112.

Perjalanan Perubahan Desain dari Logo Chrome


Seiring Dengan Waktu Berjalan

Pada waktu awal mencoba menggunakan Google Chrome saya mencoba membandingkannya dengan browser utama saya saat itu yaitu Mozilla Firefox, dan juga browser kedua saya yaitu Opera (pada saat itu Opera masih menggunakan Presto engine buatan mereka sendiri). Yang menjadi perhatian saat itu adalah dalam penggunaan RAM (memory). Saya menyimpulkan bahwa pengunaan RAM untuk Chrome hampir setara atau hanya sedikit unggul dari Firefox apabila tab yang dibuka hanya satu atau dua. Untuk browsing dengan banyak tab keunggulan tersebut menurun bahkan terkadang penggunaan RAM Chrome bisa lebih besar. 

Note: Untuk Opera sebenarnya adalah browser yang bagus dan penggunaan RAM nya juga unggul tapi saya jarang menggunakannya karena banyak website yang kurang kompatibel dengan web browser Opera yang saat itu masih menggunakan Presto Engine. Untuk preview saya tentang Chrome bisa anda baca di Preview saya tentang google-chrome tahun 2008.

Seiring dengan perjalanan waktu program dari web browser semakin maju, canggih dan semakin kompleks, hal itu menyebabkan program Chrome lama kelamaan menggunakan sumberdaya komputer yang semakin besar hal itu membuat chrome juga menjadi lambat atau "lemot".

Contoh Grafik Perbandingan Penggunaan Memory antara Chrome dengan Firefox
Gambar diambil dari www.techpp.com

Cara Mengatasi Google Chrome yang Lemot

Untuk meningkatkan kinerja dari Chrome anda bisa melakukan tips dibawah ini:
  • Selalu gunakan versi Chrome yang paling baru / Terus Update Chrome yang anda gunakan. Para programmer Chrome selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja dan juga mengatasi bug dari Chrome. Contohnya Chrome 54 yang keluar pada 12 Oktober 2016 menggunakan Java Script terbaru yang membantu kinerja dari Chrome. 
  • Bersihkan history dari Browser anda. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke chrome://settings/ lalu pilih Show advanced settings…  lalu di tab pilih Privacy silahkan pilih  Clear browsing data... 

Clear Browsing Data

Lakukan Test dengan Menggunakan Mode incognito

Mode incognito adalah mode private dimana browser tidak akan menyimpan data apapun selama penggunaannya. Tapi mode ini juga memiliki kegunaan untuk test singkat, karena saat mengunakan mode ini semua ekstensi tambahan diluar program utama Chrome akan di non-aktifkan.

Untuk masuk ke mode ini di komputer anda bisa memilih:


  1. Open Chrome.
  2. At the top right, click More More.
  3. Select New Incognito Window.
  4. A new window will open with a gray incognito icon Incognito mode.
  5. Tips: Anda juga bisa menggunakan keyboard shortcut untuk membuka jendela incognito. Dengan menekan Ctrl + Shift + N (Windows, Linux, & Chrome OS) atau ⌘ + Shift + N (Mac).
  6. To menutup mode incognito tutup saja semua jendela incognito:
  7. Pilih jendela incognito.
  8. Pilih Close Close di pojok kanan atas.​

Mode Incognito

Apabila kinerja browser anda normal/cepat di mode incognito maka yang anda harus lakukan:
  • Jangan menggunakan terlalu banyak add-on / Extension. Dan periksa apakah Extention yang anda pasang masih kompatibel dengan versi Chrome yang saat ini anda gunakan. Coba buang / matikan Extension yang tidak perlu.
  • Lindungi komputer anda dari virus dengan anti virus yang terpercaya seperti Kapersky, Avast atau Avira. Dan lakukan scan agar tidak ada virus yang menggangu kinerja komputer anda.


Chrome Extensions


Demikianlah tips yang saya miliki mengenai Google Chrome. Semoga bermanfaat.
Share:

1 comments:

Yadira Susan said...

You have to see this! http://zo.ee/4cFs

Welcome to my blog