Thursday, December 14, 2017

Bitcoin dan Cryptocurrency Frenzy di tahun 2017


Tahun 2017 adalah tahun dimana Cryptocurrency pada umumnya dan Bitcoin khususnya meledak dan mendunia. Akhir-akhir ini kita melihat harga dan perdagangan bitcoin mengalami peningkatan yang luar biasa. 

Untuk anda yang belum tau apa itu bitcoin, kami pernah mengulasnya secara spesifik tahun lalu. Anda bisa membacanya disini:
  1. Apa itu Bitcoin (Bitcoin Part1)
  2. Yang harus saya ketahui sebelum menggunakan / membeli Bitcoin (Bitcoin Part2)
  3. Mendapatkan dan Menggunakan Bitcoin (Bitcoin Part 3)


Tren akan peningkatan harga dan volume penjualan cryptocurrency sebenarnya sudah bisa dilihat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, saat artikel mengenai pengenalan bitcoin saya buat, harganya sekitar $ 400 untuk 1 bitcoin. Pada akhir tahun 2016, harganya sudah meningkat ke angka $ 1.000. Hal ini masih masuk dengan prediksi banyak orang yang memperkirakan bitcoin bisa mencapai harga antara 2000-4000 dollar dalam kurun waktu 1-3 tahun kedepan.  Tapi ternyata kenyataanya di tahun 2017, peningkatan volume dan perdagangan bitcoin dan mata uang cryptocurrency yang lain sangatlah luar biasa. Harga bitcoin mencapai $ 17.000 pada bulan Desember 2017 saat artikel ini buat. Lebih jelas ada bisa melihat grafik / chart mengenai peningkatan harga dan volume perdagangan dari bitcoin dan cryptocurrency yang lain dibawah.

Perbandingan Market Bitcoin (data diambil dari www.coinmarketcap.com)

Grafik harga Bitcoin dengan Dollar Amerika
Gambar diambil dari www.bitcoin.com
Dari data diatas anda bisa melihat sendiri mengenai perubahan yang signifikan dari harga dan volume perdagangan Bitcoin (dan mata uang kripto lainnya). Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk ikut terjun dan berinvestasi kedalam mata uang kripto. 

Lalu apakah anda harus ikut kedalamnya? Sebelum terjun dalam pasar Bitcoin, anda harus mengetahui resikonya. Saat ini kondisi harga dari Cryptocurrency bisa dibilang sangat tidak stabil. Saya melihat karena peningkatan harganya sangatlah besar, dan selalu ada resiko harga jatuh saat beberapa orang / pihak besar melakukan penjualan dan pengambilan untung. Seperti yang dikatakan oleh Charlie Lee (orang yang membuat sistem Litecoin), bahwa pembelian / investasi Litecoin memeliki resiko, harga pernah jatuh sampai 90%, jadi apabila anda tidak siap dengan resiko semacam itu, jangan mencoba ikut di dalam perdagangannya. 

Twit dari Charlie Lee

Jadi kami sarankan harap anda hati-hati dan selalu memonitor harga pasar sebelum melakukan tindakan atau selalu berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam perdagangan Cryptocurrency. Semoga artikel ini bisa membantu dan memberi sedikit informasi kepada anda.


Share:

1 comments:

Nia said...

"Hello I am from gacorteros.com, i was reading ur article and it very useful for me,
Thanks for sharing this useful information. you are a talented writer, I'm waiting for your next article :)"

Welcome to my blog