Wednesday, November 12, 2014

11 November, Armistice Day & 10 November, Hari Pahlawan

Tanggal 11 November adalah Armistice Day, yang merupakan salah satu hari yang dirayakan di negara barat seperti Belgia, Perancis dan Serbia. Hari ini ditujukan untuk memperingati perjanjian damai antara Jerman dan Sekutu yang mengakhiri Perang Dunia ke I. Walaupun secara final, perang dunia pertama berakhir oleh perjanjian Versailes pada tanggal 28 Juni 1919. Tapi tanggal 11 November 1918 adalah perjanjian awal untuk mengakhiri kontak senjata di medan perang.

Pertemuan antara sekutu dan Jerman yang berkahir pada perjanjian genjatan senjata. Gambar diambil dari wikipedia.
 
Sejak berakhirnya Perang Dunia Pertama, hari ini diperingati oleh banyak negara yang terlibat didalamnya, Amerika Serikat juga merayakannya, tapi sejak tahun 1954 menganti sebutan Armistice Day menjadi Veteran Day, yang membuat hari ini tidak hanya sekedar peringatan akan berakhirnya Perang Dunia ke 1, tetapi juga menjadi peringatan untuk veteran perang Amerika Serikat pada umumnya. 

Barack Obama pada perayaan Veteran Day di Arlington National Cementary. Foto diambil dari:
http://photo.liputan6.com/


Di Inggris dan negara-negara bekas koloninya, hari ini disebut sebagai  Remembrance Day, dan memiliki arti yang sama yaitu peringatan akan berakhirnya Perang Dunia Pertama.

Karangan Bunga pada perayaan Remembrance Day pada Tugu Cenotaph di Whitehall, London. Foto dari http://www.thetimes.co.uk/

Saya mengangkat topik ini karena saya merasa agak unik mengingat peringatan akan pahlawan dan perang di Indonesia dirayakan dengan Hari Pahlawan yang terjadi 1 hari sebelumnya, yaitu 10 November. Walaupun Hari Pahlawan memiliki latar belakang yang berbeda, yaitu Pertempuran Surabaya (Battle of Surabaya), tetapi saya merasa tujuan dari perayaan itu sama yaitu untuk memperingati keberanian dan pengorbanan pahlawan dalam pertempuran besar.

Foto perayaan Hari Pahlawan. Foto diambil dari www.idjoel.com

Semoga jasa-jasa para pahlawan tidak pernah kita lupakan dan pengorbanan mereka selalu kita kenang. Karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya.

Share:

0 comments:

Welcome to my blog